Socialize

Flip-flop adalah suatu rangkaian yang terdiri dari elemen aktif (transistor) yang kerjanya saling bergantian, Flip-flop merupakan suatu rangkaian yang keluarannya tidak tergantung dari kombinasi masukkan, tetapi juga dipengaruhi kondisi keluaran sebelumnya.
Fungsi dari flip-flop adalah :
1. Menyimpan bilangan biner
2. Mencacah pulsa
3. Menyerempakkkan/men-sinkronkan rangkaian aritmatika
Flip-flop bersifat Bistable : dua kondisi yang stabil 0 atau 1. Kondisi ini akan tetap stabil tidak akan berubah jika tidak ada pemicu (input) yang masuk.
Jenis-jenis flip-flop :
1. 1. RS flip-flop
2. 2. JK flip-flop
3. 3. JK flip-flop dengan PRESET & ClEAR
4. 4. D flip-flop
5. 5. Master Slave flip-flop

RS flip-flop
Flip –flop ini memiliki dua masukkan dan dua keluaran. RS flip-flop mempunyai dua inputan yaitu S = set dan R = reset, mempunyai 2 output yaitu Q dan Q’ . Output Q dianggap merupakan output normal, dan dalam kondisi normal kedua output selalu merupakan komplementer. Karena fungsi flip-flop memegang data sementara, maka flip-flop ini sering disebut RS Latch Flip-Flop. Flip-flop RS dapat dibentuk dari kombinasi dua gerbang NAND atau kombinasi dari dua gerbang NOR
Symbol RS flip-flop :

IC yang dipakai untuk RS flip-flop bisa IC 7400 (IC NAND) atau IC 7402 (IC NOR).
Skema RS Flip-flop :

Tabel RS flip-flop :

JK Flip-Flop
Flip-flop ini dapat dianggap sebagai flip-flop universal, karena flip-flop jenis lain dapat dibuat dari flip-flop JK. Simbol logika pada Gambar 7 mengilustrasikan tiga input sinkron (J, K dan CK). Input J dan K merupakan input data, dan input clock memindahkan data dari input ke output. Diperlukan keseluruhan pulsa (bukan sekedar tansisi low ke high atau high ke low saja) untuk memindahkan data dari input ke output.
Dua sifat unik dari flip-flop JK adalah:
1. Jika kedua data input pada keadaan nol, tidak akan terjadi perubahan pada output meskipun diberikan sinyal clock (output tetap).
2. Jika kedua data input pada keadaan satu, pada tiap pulsa clock data output akan berubah dari sebelumnya (komplemen dari data sebelumnya).
Kita dapat membangun suatu flip-flop JK dari gerbang NAND. Nampak bahwa sebenarnya flip-flop JK terdiri dari dua flip-flop yang terangkai menjadi satu. Flip-flop yang kedua (slave-budak) mengikuti keadaan yang ditentukan oleh flip- flop yang pertama (master-tuan). Suatu transisi hanya dapat terjadi dengan satu pulsa clock penuh.
Symbol flip-flop JK

IC yang digunakan dalam JK flip-flop adalah IC 7400.
Skema JK flip-flop :

Tabel JK flip-flop:

JK Flip-flop dengan Preset & Clear
Samahalnya dengan JK Flip-flop, hanya saja flip-flop ini ditmbah dengan inputan Preset dan inputan clear. JK flip-flop dengan Preset & Clear ini menggunakan IC 7476. Simbol JK FF dengan Preset & Clear :

Skema JK FF dengan Preset & Clear :

Tabel JK FF dengan Preset & Clear :

D Flip-flop
Merupakan modifikasi dari RS flip-flop dengan tambahan gerbang pembalik pada masukan R sehinga R merupakan komplemen dari masukan S. Saat D = 0 keadaan flip-flop reset (Q = 0) sedangkan bila D = 1 maka keadaan flip-flop set ( Q = 1).
Simbol D flip-flop :

Skema D Flip-flop :

Tabel D flip-flop :

Master Slave Flip-flop
JK flip-flop sering disebut dengan JK FF induk hamba atau Master Slave JK FF karena terdiri dari dua buah flip-flop, yaitu Master FF dan Slave FF. Master Slave JK FF ini memiliki 3 buah terminal input yaitu J, K dan Clock. Sedangkan IC yang dipakai untuk menyusun JK FF adalah tipe 7473 yang mempunyai 2 buah JK flip-flop dimana lay outnya dapat dilihat pada Vodemaccum IC (Data bookc IC). Kelebihan JK FF terhadap FF sebelumnya yaitu JK FF tidak mempunyai kondisi terlarang artinya berapapun input yang diberikan asal ada clock maka akan terjadi perubahan pada output.
Symbol Master Slave flip-flop :


Skema Master Slave FF :

.

Post a Comment

Responsive Advertisement
Responsive Advertisement